Friday 8 July 2016

TERUSLAH BERHARAP


Dalam melewati pergumulan ini, Tuhan mengajarkan selangkah demi selangkah, setiap hari agr kita memenangkan dan menikmati Janji-Janji yang telah Tuhan berikan dalam hidup kita.

 1. Kasihi dan Taatilah Tuhan setiap hari 
    
Bangunlah hubungan dengan Tuhan setiap hari, melalui doa pribadi, baca Alkitab, pujian penyembahan, persekutuan bersama orang percaya lainnya, pelayanan, sehingga setiap hari kita akan semakin mengenal Tuhan. 

Lewat pengalaman-pengalaman kita bersama Tuhan, kita akan semakin mengasihi Tuhan. Taatilah setiap hari apa yang Firman Tuhan katakan untuk Anda. Lakukan saja dari sehari ke sehari berikutnya.  Maka, Tuhan akan menyingkapkan masa depan Anda. 

Pengkhotbah 2:26, "Karena kepada orang yang dikenan-Nya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan, tetapi orang berdosa ditugaskan-Nya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikannya kepada orang yang dikenan Allah."


2. Perkatakan Firman Tuhan, Imani dan Jadilah Kuat

Setelah Anda mengetahui Firman dan Janji-Janji Tuhan di Alkitab yang Anda baca, perkatakanlah, karena Firman Tuhan adalah kekuatan yang dahsyat. 

Saya percaya penuh bahwa Tuhan Yesus adalah Tuhan yang Setia, dan Rancangan-Nya tidak ada yang gagal dalam hidupku. Saya percaya bahwa Ia adalah Tuhan yang berdaulat penuh atas hidupku. Saya adalah milik kepunyaan Tuhan sendiri. Setiap detik, setiap hari, Tuhan menyertai dan memimpin hidupku, sehingga tidak ada satupun hal baik yang bisa direbut si jahat dari hidupku. 

Masa depanku adalah masa depan yang penuh pengharapan, saya akan berjalan makin lama makin kuat dalam Tuhan. Lewat apa yang saya alami, saya akan menjadi berkat. Saya  akan hidup dalam kemenangan demi kemenangan setiap hari. 
Aku perintahkan kepada pintu-pintu masalah yang membuatku takut kuatir, Terbukalah! Ada jalan keluar bagi masalahku, Tuhan membuat semuanya menjadi baik. (Markus 7:34,37 "Efata!", artinya: Terbukalah!" Mereka takjub dan tercengang dan berkata: "Ia menjadikan segala-galanya baik")
Yakobus 1:2-4, "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun."

3. Jangan takut, percaya saja! (Ketidakpercayaan dan keraguan kepada Tuhan membuat mujizat tidak bisa terjadi)

Ada saatnya menghadapi fakta atau vonis dokter yang mengejutkan membuat kita takut, kuatir dan patah semangat. Kita beragumen dengan Tuhan mengapa hal ini bisa terjadi pada saya, apa yang harus saya lakukan, dan sebagainya. Namun apa jawab Tuhan?

"Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: "Jangan takut, percaya saja!" (Markus 5:36)

Markus 6:5-6a, "Ia tidak dapat mengadakan satu mujizat pun di sana, kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit dengan meletakkan tangan-Nya atas mereka. Ia merasa heran atas ketidakpercayaan mereka."

Mujizat terjadi kalau kita percaya penuh kepada Tuhan, bahwa Ia adalah Tuhan yang sanggup membuat mujizat atas pergumulan kita. 


Trust (Percaya penuh) -- Faith (Iman) -- Menghasilkan Miracle (Mujizat)


Yakobus 1:6-7, "Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan."
4. Belajar dari Perbuatan Tuhan kepada kita di waktu yang lalu

Ingatlah kembali kebaikan-kebaikan Tuhan yang telah kita alami, bagaimana Ia selalu memelihara hidup kita, menghindari dari mara bahaya, menghibur dengan Firman-Nya disaat kita sedih, memberikan jalan keluar saat kita merasa sudah buntu, memberikan apa yang menjadi isi hati kita, Ia Tuhan yang setia, tidak pernah meninggalkan, Ia Tuhan Penyembuh, Ia pembuat Mujizat berkali-kali.    
Suatu ketika, murid-murid Tuhan Yesus mengalami pergumulan,

Ketika kamu berpikir kamu sendirian, 
Tuhan disampingmu 
Markus 8:14, 17-21, "Kemudian ternyata murid-murid Yesus lupa membawa roti, hanya sebuah saja yang ada pada mereka dalam perahu. ... Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu? Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? Tidakkah kamu ingat lagi, pada waktu Aku memecah-mecahkan lima roti untuk lima ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?" Jawab mereka: "Dua belas bakul. "Dan pada waktu tujuh roti untuk empat ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?" Jawab mereka: "Tujuh bakul." Lalu kata-Nya kepada mereka: "Masihkah kamu belum mengerti?"

Tuhan ingin kita mengerti, bahwa Ia adalah Tuhan yang sama, dulu sekarang sampai selamanya. Ialah Tuhan pembuat mujizat. 


5. Jangan cepat-cepat bertindak, apa-apa Doa dulu tanya Tuhan & minta Hikmat Tuhan setiap hari
Cobalah kalau menghadapi masalah, jangan langsung cepat-cepat bertindak. Doa dulu ! "Tapi Doa saya ga denger Tuhan jawab apa?" Ya ga apa-apa, tetap Doa. Dengar atau ga dengar suara Tuhan itu Anugerah. 
Kalau kita merasa punya uang, sehingga dalam mengambil keputusan kita tidak benar-benar tanya Tuhan, kita akan salah langkah dan tidak mendapat yang terbaik. Contoh: keputusan untuk masukin anak sekolah, beli mobil, menjalani perawatan medis, investasi, dll. 

Kalau kamu apa-apa bisa, mau beli apa bisa, maka paruhmu bisa dicopot sama Tuhan. Makanya banyak orang kaya yang mengalami masalah dimana uangnya tidak mampu menyelesaikan itu. (Pdt. Aruna Wirjolukito). 
Bagian kita adalah berdoa, bertanya kepada Tuhan dan memohon hikmat, tuntunan penyertaan-Nya, agar kehendak dan cara Tuhanlah yang terjadi. Tuhan mau kita berharap hanya kepada kekuatan-Nya. Bukan apa yang kita pikir baik, tapi betul-betul apa yang terbaik di mata Tuhan. Kita bahkan tidak bisa mengetahui hal apa yang akan terjadi 1 menit mendatang. Bawalah semuanya ke dalam Doa, maka kita akan menerima yang terbaik dari Tuhan.
Mazmur 66:20, "Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku."

Yakobus 1:5, "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, -- yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit --, maka hal itu akan diberikan kepadanya."

(Daniel 2:20-23), "Berkatalah Daniel: "Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan! Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian; Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya. Ya Allah nenek moyangku, kupuji dan kumuliakan Engkau, sebab Engkau mengaruniakan kepadaku hikmat dan kekuatan, dan telah memberitahukan kepadaku sekarang apa yang kami mohon kepada-Mu"

6. Pergi dan menghasilkan buah yang tetap, hai Ciptaan yang baru

Sambil menanti Tuhan menggenapi janji-janjiNya, menjawab Doa Anda, Ia tidak ingin Anda hanya berpangku tangan. Tuhan mau kita bertumbuh, pergi bertindak sesuatu dan berbuah dengan tetap. 

Yohanes 15:16, "Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu."

Supaya apa yang kita minta kepada Tuhan diberikan, kita harus pergi dan menghasilkan buah. Pergi berbicara tentang menginjil, menceritakan kebaikan Tuhan kepada orang lain, hidup menjadi berkat, berdoa bagi orang lain yang belum diselamatkan. Menghasilkan buah berbicara tentang buah roh (karakter kita, Galatia 5:22-23, "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri"), buah jiwa, buah pelayanan (orang-orang yang dibawa mengenal Tuhan).

Tuhan ingin buah yang tetap, berbicara terus menerus, bukan sebentar rajin, sebentar hilang (mood-mood an dalam melayani Tuhan). 

Bila kita merasa tidak layak untuk melayani Tuhan, ingatlah ketika kita telah sungguh-sungguh bertobat dan meminta pengampunan-Nya, Firman Tuhan dalam 1 Yohanes 1:9 berkata, "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."

2 Korintus 5:17, "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."

Tetaplah kuat dan raih janji Tuhan dalam hidup kita. 


Tuhan Yesus Memberkati.


dikutip dari : http://catatankesaksianharian.blogspot.co.id


0 comments:

Berlangganan

FeedLangganan Artikel by Email ?

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Matius 11:28-30

TA'ALAU ILAYYA ya jami'al-mut'abina wats-tsaqilil-ahmal, wa Ana urihukum. Ihmilu niri 'alaikum wa ta'allamu minni, li-anni wadi'un wa mutawadhi'ul-qalb, fa-tajidu rahatan li-nufusikum. Li-anna niri hayyinun wa himli khafif ” (Matius 11:28-30) COME TO ME, all you who are weary and burdened, and I will give you rest. Take my yoke upon you and learn from me, for I am gentle and humble in heart, and you will find rest for your souls. For my yoke is easy and my burden is light).” (Matius 11:28-30) MARILAH KEPADA-KU, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan..” (Matius 11:28-30) Dào wǒ zhèlǐ lái, nǐ shuí shì láokǔ dān zhòngdàn de, wǒ jiù shǐ nǐmen dé ānxí. Jiù ná wǒ de è, nǐ xué wǒ, yīnwèi wǒ shì wēnróu qiānbēi de xīnzàng hé línghún huì fāxiàn xiūxí. Yīnwèi wǒ de è shì róngyì de, wǒ de dànzi shì qīng. Komt tot Mij, allen die vermoeid en belast zijt, en Ik zal u rust geven. Neem mijn juk op u en leert van Mij, want Ik ben zachtmoedig en nederig van hart en ziel rust vinden. Voor mijn juk is zacht en mijn last is licht. Matteüs 11: 28-30 He, para wong kang kesayahan lan kamomotan, padha mrenea, Aku bakal gawe ayemmu. Pasanganku padha tampanana ing pundhakmu lan padha nggegurua marang Aku, awit Aku iki alus lan lembah manah, satemah kowe bakal padha oleh ayeming nyawamu, Amargo pasanganKu iku kepenak lan momotanku iku entheng. Subete wa anata ga tsukareta to futan-shadeari, watashi wa anata ga yasuma sete ageyou, watashi ni kimasu. Anata ni watashi no ku-biki o toru to, watashi wa nokori no bubun o mitsukeru no kokoro to tamashī ni yasashiku, kenkyona omoi no tame ni, watashi kara manabimasu. Watashi no ku-biki wa oi yasuku, watashi no ni wa karuikaradesu. Hãy đến với tôi, tất cả các bạn những kẻ mệt mỏi và gánh nặng, Ta sẽ cho các ngươi được yên nghỉ. Hãy mang lấy ách của ta và học hỏi từ tôi, vì tôi hiền lành và khiêm nhường trong lòng và tâm hồn sẽ được nghỉ ngơi. Vì ách ta dễ chịu và gánh ta nhẹ nhàng.