Friday 3 May 2013

MENGENAL 12 MURID TUHAN YESUS

1.SIMON PETRUS
Simon Petrus nama aslinya adalah Simon. Kata Petrus ditambahkan kemudian oleh Tuhan Yesus. Kata Petrus adalah terjemahan Yunani dari kata Kefa - bahasa Aram- yang artinya batu padas, batu karang. Simon Petrus dilahirkan di Betasaida, Yohanes 1:44, Ayahnya bernama Yona atau Yunus / Yohanes, Matius 16:17, Yohanes 1:42, 21:15. Saudara kandungnya adalah Andreas. Matatius 10 : 2. Simon Petrus, Yakobus dan Yohanes termasuk murid yang "terdekat" dengan Tuhan Yesus, Markus 5 : 37, 9:2, 14 :33.
Mungkin sekali Simon Petrus pindah dan tinggal serta bekerja sebagai nelayan di Kapernaum. Di tempat ini, Simon Petrus dan Andreas, berjumpa dengan Yesus, Markus 1:29; Lukas 4:38.
Simon Petrus adalah murid Tuhan Yesus yang paling banyak mengungkapkan dirinya dari pada murid-murid lain. Simon Petrus memiliki sifat alamiah yang amat menarik - ditambah anugerah rohani dan pendidikan yang ia terima dari Tuhan Yesus - membuat banyak orang terpikat. Dalam berbicara dan bertindak, Simon Petrus melakukan dengan satu cara yang khusus mengungkapkan sifatnya. Ia tidak pernah meniru gaya dan kepribadian orang lain. Keaslian yang dimilikinya merupakan salah satu modal dalam kepemimpinannya yang sejati. Ia adalah seorang yang tidak berpikir dalam-dalam, berhati ramah, suka menurut kata hati dan bertindak cepat, yang dikuasai oleh dorongan pada saat itu juga.
Hal-hal tersebut dapat dilihat dalam Alkitab, antara lain:
a)      Mencoba berjalan di atas air dan kemudian ragu-ragu  untuk mendapati Tuhan Yesus
b)      Ingin mendirikan tiga kemah di atas Gunung waktu Tuhan Yesus dimuliakan di atas gunung- agar Yesus, Musa, Elia dan dirinya tinggal di tempat itu.
c)      Tidak mau membiarkan Tuhan Yesus membasuh kakinya
d)     Menyombongkan kesetiaannya
e)      Berani membela Tuhan Yesus dengan padang, dan memotong salah satu prajurit -bernama Malkhus- yang menangkap Tuhan Yesus di Getsemani
f)       Mengabaikan Yohanes yang ragu-ragu, dan dengan berani masuk ke dalam kuburan Yesus
g)      Ketika mengetahui Tuhan Yesus berdiri dipantai, ia menggenakan pakaiannya, lalu terjun ke danau dan berenang ke tepi -karena tidak sabar menunggu perahu yang sarat dengan ikan- untuk bertemu Yesus.

Setelah kebangkitan Yesus, Ia(Yesus) menyatakan Diri-Nya secara khusus kepada Petrus. Di samping itu, Tuhan Yesus membutuhkan waktu tersendiri memulihkan simon Petrus. Pemulihan ini perlu karena Simon Petrus pernah menyangkal Tuhan Yesus, Yoh 21:15-19. Pemulihan tersebut nyata dalam Surat 1 dan Petrus.
Perubahan besar dalam diri Simon Petrus terjadi ketika Pentakosta. Ia berdiri mewakili para murid dan berkhotbah kepada orang-orang di Yerusalem, Kisah Para Rasul 2:14-40. Petrus sering dianggap sebagai pemimpin dalam kelompok Rasul karena kedekatannya dalam memperhatikan kebutuhan Yesus. Hal ini juga karena Petrus menjadi pilihan Yesus untuk menjadi dasar gereja-Nya.
Pada perkembangan kemudian, Simon Petrus menjadi salah satu pemimpin Gereja Mula-mula. Dalam kurun waktu yang cukup lama, Ia berperan penting dalam perkembangan dan  pertumbuhan Jemaat atau Gereja Mula-mula. Sejarah dan juga tradisi Gereja menunjukkan bahwa Simon Petrus melakukan pelayanan sampai masa tuanya sampai akhir hayatnya di Roma.

Petrus di salib dengan kepala di bawah. “Satu-satunya kisah yang dimiliki tentang kemartiran  Petrus berasal dari penulis Kristen awal, Hegesippus. Kisahnya mencakup penampakan Kristus yang ajaib. Ketika Petrus sudah tua (Yohanes 21:18), Nero merencanakan untuk menghukum mati Petrus. Ketika murid-rnurid mendengarnya, mereka memohon kepada Petrus untuk melarikan diri dari kota itu [yang diyakini Roma] dan ia melakukannya. Namun, ketika ia sampai di pintu gerbang kota, ia melihat Kristus yang berjalan ke arahnya. Petrus menjatuhkan diri bertelut dan berkata, “Tuhan, Engkau mau pergi ke mana?” Kristus menjawab, “Saya datang untuk disalibkan lagi.” Melaluinya, Petrus tahu ini waktu untuk menderita dan mati bagi Yesus dan memuliakan Allah (Yohanes 21:19). Jadi, ia kembali ke kota. Setelah ditangkap dan dibawa ke tempat kemartiran. Menurut St. Jerome, ia meminta agar disalibkan dengan posisi terbalik karena ia memandang dirinya tidak layak untuk disalibkan dalam posisi yang sama dengan Tuhannya.
Di kota itu Roma ia menjadi Martir, dengan cara disalibkan kepala ke bawah oleh Kaisar Nero, antara thn 64 - 67 M

2. Andreas

Dalam bahasa Yunani, Andreas artinya si pria. Saudara kandungnya adalah Simon Petrus. Mereka berasal dari Betasida, Yohanes 1 :44. Sebelum menjadi murid Tuhan Yesus, Andreas adalah murid Yohanes Pembaptis, Yohanes 1:40. Andreas dan Simon Petrus term asuk murid-murid pertama yang dipanggil oleh Tuhan Yesus, Markus 1:16-18; Kis 1:13.
Andreas pertama kali dikenal sebagai murid Yohanes Pembaptis. Hal ini menunjukkan bahwa ia sangat memperhatikan nilai-nilai rohani. Ia menanggapi apa yang diajarkan oleh Yohanes Pembaptis tentang pertobatan, Kerajaan Allah dan Penghakiman terakhir. Para Sinoptis - Matius, Markus, Lukas - tidak menceritakan pertemuan pertama antara Andreas dan Tuhan Yesus. Akan tetapi, Yohanes menghargai hal tersebut sebagai suatu kenangan yang paling kudus.
Alkitab menunjukkan bahwa, ketika Yohanes Pembaptis menunjuk bahwa Yesus sebagai Anak Domba Allah yang menanggung dosa manusia, Andreas dan Yohanes berpaling untuk mengikut Dia. Pertemuan Andreas dengan Tuhan Yesus begitu penting sehingga ia selalu memberitahukan kepada orang lain, tentang siapa Yesus, dan membawanya kepada Dia. Membawa saudaranya sendiri Simon Petrus, kepada Tuhan Yesus. " Andreas mula-mula bertemu Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya, " Kami telah menemukan Mesias, artinya Kristus ". Ia membawanya kepada Yesus, Yohanes 1:41 " Membawa orang-orang Yunani yang menanyakan siapa Yesus kepada Tuhan Yesus, Markus 13:3 Membawa seorang anak laki-laki yang mempunyai roti jelai dan ikan kepada Tuhan Yesus, sehingga Ia dapat memberi makan 5000 orang lebih, Yoh 6:8-9

Andreas bukan saja pengikut Kristus yang pertama, ia juga pekerja Kristen yang pertama, dialah yang pertama-tama membawa orang lain kepada Tuhan Yesus. Adreaslah yang menyampaikan kepada orang lain mengenai Kristus, dan kemudian membawanya kepada-Nya, bandingkan . Yohanes 1 : 42, 12:21, 22 . Sejarah dan juga tradisi Gereja mula mula mencatat bahwa, Andreas memberitakan Injil sampai di Rusia Selatan dan Semenanjung Balkan. Andreas mati dengan cara disalibkan di Akhaya - Patras - Yunani. Andreas juga dihubungkan dengan Kitab Apokrifa : Acta Andreas.
Andreas mati di salib seperti Petrus, tetapi dengan salib berbentuk X.   Dia memberitakan Injil kepada banyak bangsa Asia dan menjadi martir di Edessa dengan disalibkan pada kayu salib berbentuk X, yang kemudian dikenal sebagai Salib Santo Andreas. Sebelum meninggal, ia di siksa dengan hukum cambuk oleh tujuh tentara dan diikat di salib. Dengan cara demikian mereka bisa memperpanjang masa sakit dan masa siksaannya. Seorang pengikut Andreas yg turut menyaksikan hukuman Andreas menceritakan perkataan yang telah di ucapkan oleh Andreas sebelum meninggal dunia : “Ternyata keinginan dan cita-cita saya bisa terkabul, dimana saya bisa turut merasakan saat-saat disiksa dan disalib seperti YESUS”. Bahkan pada saat ia disiksapun tiada henti-hentinya ia berkhotbah terus, dua hari sebelum ajalnya tiba. Berkhotbah sambil dihukum cambuk.

3.  YAKOBUS ANAK ZEBEDEUS
Yakobus adalah seorang pemikir dan perencana, tidak suka bertindak secara terburu-buru. Namun semua itu berubah 180 derajat saat emosi menguasainya. Sifatnya juga sangat bertolak belakang dengan Adiknya Yohanes, Yakobus cenderung kasar hingga dapat meninggalkan kesan tidak sopan. Tapi semua yang dilakukannya adalah dengan sebuah alasan seperti untuk melindungi orang yang dikasihinya. Dia juga seorang pembicara dan deklamator yang baik. Nama Yakobus, - Iakobos, adalah bentuk Yunani dari kata bahasa Ibrani Ya'qov- berarti si pegang tumit, penipu. Kemudian diberi makna baru yaitu, Tuhan melindungi. Yakobus dan adiknya Yohanes, mereka adalah saudara sepupu dari Yesus, Yohanes 19: 25, orang tua mereka adalah Zebedeus dan Salome, Matius 27:56, Markus 15:40. Sebelum menjadi murid Tuhan Yesus, Yakobus dan Yohanes serta ayah mereka, bekerja sebagai nelayan, Lukas 5:10-11. Ia bersama Yohanes dan juga Simon Petrus menjadi murid paling dekat dengan Tuhan Yesus.

Yakobus termasuk murid Tuhan Yesus yang sangat bersemangat dan ambisius. Bersama Yohanes, mereka berani mengungkapkan pikiran yang cenderung mengabaikan dan merendahkan orang lain di sekitarnya -sehingga diberi gelar anak-anak guruh atau Boanerges hadapan Tuhan Yesus, antara lain:
a)      duduk di sisi Yesus, jika kelak memerintah sebagai raja, Markus 10:35-45
b)      meminta izin kepada Yesus, agar mereka menyuruh api turun dari langit, Lukas 9:51-56
Yakobus - juga Simon Petrus dan Yohanes  menjadi saksi penting dalam pelayanan Tuhan Yesus, antara lain : ketika kebangkitan anak Yairus, Yesus dimuliakan dan perubahan wajah Yesus di atas bukit, menjelang kematian Yesus di salib

Rasul Yakobus adalah murid yang pertama dipanggil YESUS, ia dipenggal kepalanya di Yerussalem.  Ia adalah rasul pertama yang menjadi martir dari antara 12 rasul (Kisah Para Rasul 12:2). Ia dihukum mati sekitar tahun 44 M atas perintah Raja Herodes Agrippa I dari Yudea. Kemartirannya menjadi penggenapan dari hal yang diramalkan Yesus tentang ia dan  saudaranya Yohanes (Markus 10:39).
Penulis terkenal, Clemens Alexandrinus, menulis bahwa ketika Yakobus dibawa menuju tempat eksekusinya, keberaniannya yang luar biasa menimbulkan kesan yang mendalam pada satu orang yang menangkapnya sehingga ia jatuh bertelut di depan rasul itu, meminta ampun kepadanya, dan mengaku bahwa ia adalah orang Kristen juga. Ia berkata bahwa Yakobus jangan mati sendiri akibatnya mereka berdua dipenggal kepalanya.

4. YOHANES ANAK ZEBEDEUS
Yohanes - Yunani, Ioanes, dari kata Ibrani, Yeho - nah, Yohanan : secara harfiah berarti Burung Merpati adalah nama yang umum pada masa Perjanjian Baru. Yohanes artinya, YHWH memberikan karunia, TUHAN Allah adalah berkat artau Berkat dari TUHAN Allah. Keluarga Zebedeus berasal dari Galilea termasuk keluarga yang cukup kaya dan terpandang. Ia memiliki armada kapal dan beberapa asisten yang menolongnya dalam bisnis perikanan, Markus 1:19 - 20. Yohanes adalah anak bungsu dari pasangan Zebedeus dan Salome. Bersama dengan Yakobus kakaknya disebut juga atau mendapat gelar Anak-anak Guruh, Markus 3:17.

Ketika dipanggil Tuhan Yesus, Yohanes menjadi murid Tuhan Yesus yang paling muda mungkin baru meninggalkan masa remajanya atau berada dalam usia dewasa dini. Ini menunjukkan bahwa ia belum mencapai kedewasaan kepribadian. Hal tersebut tercermin pada sifat-sifatnya, yang menunjukkan bahwa :
·         sangat pemalu dan segan untuk bicara mengenai diri sendiri
·         tidak mau menonjokan diri, termasuk tidak pernah menyebut namanya dalam Injil, tetapi memakai kategori orang orang ketiga atau menyembunyikan identitasnya dengan satu ungkapan seperti "Murid Yang Dikasihi Yesus"
·         mempunyai sifat yang tidak toleran, cepat tersinggung terhadap hal-hal yang ia anggap tidak benar
·         sangat keras untuk melawan orang-orang yang bertantangan dengan pemahamannya
·         bersama Yakobus diberi gelar Boarnerges atau anak-anak guruh, mungkin karena mereka orang Galilea yang penuh vitalitas dan ber segera, kurang mengindahkan disiplin dan kadang kadang salah arah, Lukas 9:49

Dengan segala kepribadian kekurangan dan kelebihannya Yohanes dipanggil Tuhan Yesus untuk menjadi salah satu murid-Nya. Sifat-sifatnya itu, kadang muncul ketika melayani bersama Tuhan Yesus. Hal tersebut nampak dalam beberapa peristiwa, antara lain
reaksi yang keras yang datang dari watak yang keras dan gamblang terhadap penduduk Samaria yang menolak rombongan Yesus melewati desa mereka, Lukas 9:54
Yohanes dan juga Yakobus mempunyai ambisi karena nalar yang tidak benar tentang citra Kerajaan Allah, yang akan dibangun atau dibentuk oleh Yesus dengan keakuan yang mengambang, disertai kesediaan untuk menderita tanpa pamrih, mencolok atas dorongan ibu mereka, Matius 20 : 20 dalam permintaan yang diajukan kepada Tuhan Yesus, supaya dirinya bersama Yakobus diizinkan menduduki tempat yang khas dan terhormat, bila kelak Yesus duduk di takhta Kerajaan-Nya, Markus 10:27

Yohanes - juga Simon Petrus dan Yakobus menjadi saksi penting dalam pelayanan Tuhan Yesus, antara lain ketika kebangkitan anak Yairus, Markus 5:37; Yesus dimuliakan dan perubahan wajah Yesus di atas bukit, Markus 9:2; peristiwa Getsemani menjelang kematian Yesus di salib, Markus 14:33; dan juga mempersiapkan Perjamuan Paskah terakhir, Lukas 22:8

Setelah pulang dari pembuangan di pulau Patmos, Yohanes melayani dan memimpin jemaat sampai masa tua dan meninggal di Efesus. Tradisi mengatakan bahwa ia mati dibunuh pada masa pemerintahan kaisar Traianus, pada awal abad II Masehi. Tuhan Yesus merubah Yohanes menjadi Rasul Kasih. Ia menunjukkan manifestasi kasih Tuhan Yesus dengan tepat. Ia mengenal kasih Yesus dengan sesungguhnya. Dalam semua tulisan atau surat suratnya Injil Yohanes, 1, 2, 3 Yohanes, Wahyu Yohanes memakai ungkapan Kasih sebanyak 80 kali. Yohanes menunjukkan pengalaman Kasih Tuhan Yesus tersebut melalui karya-karyanya seperti termuat dalam Alkitab:
   Tuhan Allah adalah Kasih, Yohanes 15:10
    Tuhan Allah mengasihi Anak-Nya, Yohanes 10:17, 17:23-26
      Tuhan Allah mengasihi murid-murid Yesus, Yohanes 16:27, 17:23
   Tuhan Allah mengasihi manusia, Yohanes 3:16
   Tuhan Allah dikasihi oleh Yesus, Yohanes 14:31
   Tuhan Allah mengasihi setiap pribadi secara khusus, Yohanes 11:5, 36, 13:23
   Kasih Tuhan Allah bersifat umum, Yohanes 13:1-34, 14:21, 15:9-10
   Yesus mengharapkan manusia untuk mengasihi-Nya dan Bapa-Nya, Yohanes 8:42, 14:23
   Yesus mengharapkan semua manusia saling mengasihi, Yohanes 13:34-35, 15:12-13


5. Filipus
Filipus bahasa Yunani, Philippos artinya, sahabat kuda mungkin masih keturunan Yunani, atau mempunyai hubungan erat dengan Yunani. Walaupun mempunyai namaYunani, tetapi tidak mempunyai kecerdasan Yunani.Yudea. Filipus adalah murid yang sederhana, lambat untuk mengambil keputusan, enggan bertindak dengan inisiatif sendiri, serta mempunyai pemahaman yang dangkal tentang Firman Tuhan. Ia teliti dan hampir seperti robot. Apa yang ia terima keluar apa adanya. Pikirannya kurang cepat bereaksi terhadap sesuatu yang diperhadapkan kepadanya. Filipus lemah dalam imajinasi spiritual, intuitif, serta pemahaman dalam menanggung konsekuensi mengikuti Kristus Filipus lahir di Betsaida, Yohanes 1:44, berasal dari kota yang sama dengan Petrus dan Andreas sebuah kota kecil.
Tuhan Yesus pernah mengetest Filipus dalam Yohanes 6 : 5, Ia bertanya kepada Filipus, " Dimanakah kita akan membeli roti, supaya orang banyak ini dapat makan ?. Tuhan Yesus lakukan hal tersebut untuk mengetahui imannya, dan membuktikan pemahamannya mengenai DiriNya selama ia mengikutiNya. Filipus ternyata gagal dalam " ujian " ini, karena ia memakai perhitungan dalam iman, Yohanes 6: 7. Ia terlalu berhati-hati dengan sikapnya yang praktis, menjadi bimbang, karena terlalu banyak perhitungan. Pada akhirnya, Filipus menjadi bagian dari rencana Tuhan Yesus mengadakan mujizat memberi makan 5000 orang, agar ia mengerti sisi Ilahi dari misi Kristus. Filipus juga ternyata seorang " pemandu " yang tidak dapat memimpin. Hal itu nyata ketika ia gagal memperkenalkan orang-orang Yunani kepada Yesus, Yohanes 12 : 20 - 22, karena mungkin ia kuatir Yesus menolak orang-orang tersebut. Karena itu, ia melimpahkan kepada Andreas. Padahal, mungkin saja orang-orang Yunani tersebut datang kepadanya karena Filipus mempunyai hubungan yunani berdasarkan namanya. Yohanes 14: 7 - 12, menunjukkan bahwa Filipus telah sekian lama mengikuti Kristus tetapi tidak mengenal Kristus dengan sebenarnya

Sesudah kenaikkan Tuhan Yesus ke surga dan setelah Filipus menerima karunia Roh Kudus, Filipus melakukan pelayanan pemberitaan Injil di Asia Kecil, sekarang wilayah Turki. Dalam pelayanannya tersebut, ia mati shahid.

Filipus martir tepat setelah 10 tahun kematian  Yakobus, pada tahun 54 M.   Filipus dikatakan telah dihukum cambuk dan dilemparkan ke dalam penjara serta kemudian disalibkan di Hierapolis di Phrygia.

6. NATANEL/BARTOLOMEUS
Natanel adalah seorang yang Jujur dan Tulus. Dia mungkin adalah yang paling disegani diantara ke 12 murid Yesus. Dia juga seroang yang cerdas, mudah dan cepat belajar, jenius dan memiliki berbagai macam bakat. Satu-satunya kelemahannya adalah kebanggaannya pada diri sendiri yang terlalu berlebihan. Walaupun ia tidak pernah merendahkan orang lain, namun ia sering menganggap dirinya lebih tinggi.
Nama Natanael, berarti " pemberian Allah ", nama lainnya adalah, Bartolomeus artinya " anak Tolmai " atau putra dari Tolmai, Matius 10:3; Yohanes 1:45. Natanael / Bartolomeus berasal dari Kana di Galilea, Yohanes 21 : 2. Filipus yang membawa atau memperkenalkan Natanael / Bartolomeus kepada Tuhan Yesus.
Dari semua murid Tuhan Yesus, Natanael adalah satu-satunya yang ragu untuk mengikuti Yesus. Ia tidak yakin pada ajakan Filipus untuk mengikuti Tuhan Yesus. Natanael / Bartolomeus terkena pengaruh prasangka. Itulah yang menjadikan ia ragu-ragu. Ketika Filipus berkata kepadanmya, " Kami telah menemukan Dia yang disebut oleh Musa dalam Kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazareth ", Yohanes 1: 45. Natanael menjawab dengan kritis, " Mungkinkah sesuatu yang baik dari Nazareth ? " 
Namun hal yang baik pada Natanael, adalah ia tidak membiarkan rasa sangsinya menghalangi untuk mendengarkan bukti yang dikemukakan Filipus, bahwa ia bertemu Mesias. Dalam menanggapi jawaban singkat Filipus, Natanael pergi bersamanya menemui Yesus. Ketika melihat Natanael datang, Yesus berseru, " Lihat inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya ". Tuhan Yesus menemukan dalam diri Natanael suatu dasar yang kokoh untuk membangun hidup dan kehidupan spiritual serta iman. Natanael berpandangan terbuka, jujur dan tanpa kepalsuan, merasa heran bahwa Yesus berani menyatakan pendapat tentang sifatnya, padahal mereka belum pernah bertemu, sehingga ia berkata, " Bagaimana Engkau mengenal aku ? " Dalam batasan itu Natanael mempunyai pengenalan dan pengakuan terhadap Yesus sebagai " Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel "
Menurut tradisi sejarah Gereja, Natanael melayani di Mesopotamia, Likoania, dan Armenia.
ia menjadi misionaris di beberapa negara di Asia, antara lain ia memberikan kesaksian di  Turki.  Kemudian menerjemahkan Injil Matius ke dalam bahasa India Timur dan  mengajarkannya di negara itu.meninggal dunia di Armenia setelah ia mendapat hukuman  pukulan cambuk
yang sedemikian kejamnya sehingga semua kulitnya menjadi hancur terlepas kebeset seperti dikuliti hidup-hidup.


7. Tomas
Tomas, artinya kembar, merupakan bentuk Yunani, Thoma, dari kata bahasa Aram / Ibrani To'am. Warga Gereja Mula-mula yang berbicara dalam bahasa Yunani, menyapa dengan sebutan Didymos, atau Didimus.

Injil Matius, Markus, Lukas hanya mencantumkan nama Tomas secara sepintas, atau sekedar menulis dan tanpa komentar yang banyak sebagai satu dari antara dua belas murid Tuhan Yesus, lihat Matius 10: 2 - 4; Markus 3:16-19; Lukas 6:14-16; Kisah 1:13. Injil Yohanes memberikan catatan tentang " peranan " Tomas ketika bersama dengan Tuhan Yesus, yaitu;
ketika Tuhan Yesus akan berangkat ke Yudea untuk membangkitkan Lazarus. Pada saat itu para murid mengingatkan Tuhan Yesus bahwa di tempat itu Ia nyaris dibunuh orang. Namun Yesus tetap menuju Yudea. Kemudian Tomas berkata kepada murid-murid yang lain, " Marilah kita pergi juga untuk mati bersama-sama dengan Dia ", Yohanes 11:16 , ia mengaku tidak memahami ke mana Tuhan Yesus hendak pergi, ketika Ia mempersiapkan murid-muid perihal kepergian-Nya yang akan datang, Yohanes 14:5 ia di sebut juga Tomas yang tidak percaya, karena tidak percaya bahwa Tuhan Yesus sudah bangkit. Ia tidak ada ketika Tuhan Yesus menampakkan kepada murid-murid, Yohanes 20: 24; ia membutuhkan bukti riil yang dapat diraba mengenai kebangkitan itu. Seminggu kemudian Tuhan Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid termasuk Tomas untuk menyaksikan kenyataan bukti - bukti riil tentang kebangkitan tubuh-Nya. Pada saat inilah Tomas mengakui Yesus sebagai, Tuhan-ku dan Allah-ku, Yohanes 20:28.

Perjumpaan dengan Yesus yang bangkit merubah dirinya. Perjumpaan tersebut menjadikan menghasilkan iman yang melenyapkan keragu-raguan dalam dirinya, membangkitkan semangat hidupnya serta tekad kuat berkarya bagi kemuliaan dan Kerajaan Allah. Hal itu nampak dari catatan Sejarah Gerejah oleh Eusebius pada abad ke IV:
menjadi perintis Pekabaran Injil di Kerajan Partia. Pertama kali membawa berita Injil ke India khususnya di Malabar dan Tranvancore - India Selatan sehingga lahir Gereja Mar Thoma, yang berkembang hingga sekarang, dan menghasilkan Pemberita Injil yang membawa Injil ke Indonesia pada abad V di Barus, pantai barat Sumatera Utara
Rasul Tomas memberitakan Injil ke Persia, Parthia, dan India. Di Calamina, India, ia disiksa oleh orang kafir yang marah, tubuhnya ditusuk tombak dan dilemparkan ke dalam nyala api oven.

8. Matius
Nama aslinya sebelum panggilan Tuhan Yesus kepadanya adalah Lewi. Bisa dipastikan Lewi ini adalah seorang yang kaya dalam hal harta, selain karena profesinya sebagai pemungut cukai, juga disiratkan oleh Alkitab bahwa dia juga mengadakan jamuan makan untuk rekan-rekan seprofesinya. Ketika kemudian menjadi salah satu di antara 12 rasul, lebih dikenal dengan nama Matius, yang dalam bahasa Yunani berarti “anugerah Allah”.

  Matius adalah orang Galilea yang lahir di Kapernaum dengan nama Lewi, artinya bersama-sama. Ayahnya bernama Alfeus, dan ibunya adalah Maria, yang bukan ibu Yesus. Keluarganya adalah pemeluk Yudaisme - agama Yahudi - yang taat dan fanatik. Dan merupakan orang-orang yang sangat nasionalis yang mempunyai pengabdian yang tinggi kepada Tuhan, serta mencintai keberadaan mereka sebagai orang Yahudi sejati. Walaupun mengecewakan orang tuanya, Matius bekerja sebagai pemungut cukai - bahkan menjadi kepala kantor pajak atau bea cukai - yang bekerja untuk pemerintah Romawi. Bekerja sebagai pemungut cukai sangat tidak sukai oleh orang Yahudi, sehingga disamakan dengan orang-orang berdosa.

Ketika Tuhan Yesus di Kapernaum dan dalam perjalanan menuju pantai, Ia melihat Lewi / Matius sedang berada di rumah pos pemeriksaan bea atau pajak cukai. Yesus berkata kepadanya, " Ikutlah Aku ! ", Lukas 5 :27, 28. Seketika itu juga, Matius meninggalkan pekerjaannya dan dosa penipuannya.
Setelah mengenal Tuhan Yesus, ia berganti nama menjadi Matius, - bentuk Yunani dari bahasa Ibrani, Mattai, artinya karunia Tuhan- Allah

Matius melakukan pekerjaan pelayanan dan pekabaran Injil di Etiophia, Afrika. Matius menulis Injil yang khusus ditujukan kepada orang - orang Yahudi. Sebagai mantan kepala kantor pajak, Matius mempunyai kemampaun terbiasa dengan pekerjaan dan laporan yang mendetail dan sistimatis. Kemampuan tersebut ia gunakan dalam menulis ulang semua informasi tentang tentang Tuhan Yesus. Hasil karya tersebut, yang dikenal dalam Injil Matius. Roh Kudus memakai Matius sehingga ia mampu menulis kembali hampir semua catatan penting tentang Yesus - Kelahiran - Jumat Agung - Paskah- Pesan Terakhir sebelum Ia naik ke Surga, yang kemudian di kenal sebagai Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus ada dalam Injil Matius.
Matius menjadi martir, karena disiksa dan dibunuh dengan pedang di Ethiopia.

9. Yakobus, anak Alfeus
Yakobus, untuk membedakan dengan Yakobus Anak Zebedeus, saudara Yohanes ia disebut sebagai Yakobus Anak Alfeus. Yakobus dan Matius merupakan anak dari Alfeus dan Maria, Markus 15:40. Ia dikenal sebagai Yakobus - saja - serta murid yang biasa-biasa saja. Dalam Injil Markus, ia disebut Yakobus Muda atau Yakobus Kecil. Hal itu disebabkan karena postur tubuhnya kecil, atau usianya yang lebih muda dari Yakobus Anak Zebedeus, saudara Yohanes. Sebelum menjadi murid Tuhan Yesus, Yakobus Anak Alfeus bekerja sebagai seorang pemungut cukai, yang bertugas sebagai kolektor pajak, tanpa paksaan kepada rakyat maupun para pedagang.

  Tidak ada penjelasan yang akurat yang menunjukkan alasan Tuhan Yesus memilih Yakobus Anak Alfeus sebagai salah satu murid-Nya. Yakobus Anak Alfeus adalah orang yang tidak pernah menonjolkan diri. Dari semua murid - murid- Nya, Yakobus Anak Alfeus, yang tidak pernah menggelisahkan Tuhan Yesus. Ia tidak pernah kembali pada kebiasaan buruknya, ragu-ragu atau mempunyai kesalah pengertian. Alasan-alasan Tuhan Yesus memilih Yakobus Anak Alfeus sebagai murid, mungkin karena:
§  ia sangat sederhana, tidak kuatir tentang apapun juga
§  tidak menonjolkan identitas pribadinya
§  mengutamakan karya Tuhan Allah di didunia
§  ia bekerja dengan penuh pengabdian, kemanapun ia diutus ia melaksanakan tugasnya dengan baik
§  mempertahankan iman tanpa mengharapkan penghormatan dari siapapun juga

Nama Yakobus Anak Alfeus tertulis dalam sejarah pemberitaan Injil dan perkembangan Gereja Tuhan. Tetapi, tidak mencatat bagaimana ia melaksanakan tugas pelayanan tersebut. Yakobus Anak Alfeus menginjil sampai di Spanyol, Inggris dan Irlandia dan kemudian kembali ke Yeruslem. Akhir pelayanannya di Persia, dan mati terbunuh di tempat tersebut

10. Thadeus
Thadeus adalah murid Tuhan Yesus yang memiliki tiga nama sekaligus, yaitu Thadeus, Lebbaeus, dan nama aslinya yaitu Yudas. Yudas atau Yudah - yang berbeda dengan Yudas Iskariot - berarti Yehovah memimpin atau ia akan diakui.
Lebbaeus, dari bahasa Ibrani -Leb / Lev artinya hati, menggambarkan kehangatan dan karakter yang sungguh-sungguh; dalam bahasa Yunani berarti hati anak-anak, orang yang berani. Ayahnya bernama Yakobus, orang yang berbeda dengan Yakobus Anak Zebedeus dan Yakobus Anak Alfeus.
Thadeus dikenal melalui pertanyaan yang ia ajukan kepada Tuhan Yesus pada waktu Perjamuan Malam Terakhir, Yohanes 14: 18, 19 : 21. Alkitab tidak banyak memberi penjelasan mengenai Thadeus. Ia kurang menonjol di antara murid - murid, tetapi bukan berarti ia tidak atau kurang beriman. Tujuan pembicaraan Tuhan Yesus adalah murid-murid-Nya. Yesus berkata, bahwa Ia akan kembali untuk menyatakan Diri-Nya kepada mereka. Thadeus menjadi bingung, bagaimana Tuhan Yesus menyatakan Diri-Nya kepada mereka tanpa dilihat oleh orang lain. Sekalipun Ia dapat melakukannya, mengapa hanya memperlihatkan Diri-Nya kepada murid-murid saja, dan bukan kepada dunia. Sekalipun semua murid-murid bertanya-tanya, hanya Thadeus lah yang berani untuk bertanya atau bersuara. Ketika menjawab pertanyaan Thadeus, Tuhan Yesus tidak menjelaskan keberadaan-Nya secara nyata dan menyeluruh. Hal itu terjadi karena ia ingin mendapat pengertian dari dalam hati. Oleh sebab itu, jawaban Yesus menunjukkan, Yohanes 14: 23, bahwa pengabdian kepada Tuan hanya nyata melalui kasih. Thadeus memperlihatkan pengabdian dan ketekunan serta mencurakan hidup dan kehidupan hanya untuk Tuhan Yesus. Thadeus yang memulai memanggil Yesus dengan nama TUHAN, Yohanes 14:22.

Thadeus, melakukan pelayanan pekabaran Injil di Syria, tepatnya di Edesa, di kemudaian hari, setelah kejatuhan Yerusalem, Edesa menjadi pusat Kekristenan dan Perkembangan Gereja Mula-mula. Thadeus dan sebagian murid-muridnya di tangkap di Schavarschar - Syria, dan dihukum mati.


11. Simon Orang Zelot
Alkitab tidak memberikan banyak keterangan atau Pengantar dari murid Tuhan Yesus ini. Untuk membedakan Simon ini dengan Simon Petrus, maka ia disebut Simon Orang Zelot, atau Simon Orang Kanaani. Zelot adalah suku atau kelompok pembrontak terhadap pemerintahan Romawi. Kanaani, berasal dari kata Kana yang berarti orang yang sangat rajin, giat dan sangat sangat bersemangat. Simon Orang Zelot adalah seorang pengikut dan juga ditempa dan dididik Yudas dari Gamala di Galilea. Yudas adalah mungkin salah satu dari keturunan Makabeus pemimpin pemberontak Yahudi melawan pemerintah Romawi. Kelompok ini adalah pengikut " Theokrasi " yang murni, religius dan fanatik. Gerakan ini disebut Zelot, bandingkan Kisah Para Rasul 5:37. Kelompok ini mendidik para anggotanya untuk berani mati demi kemandirian dan kemajuan bangsa dan agama Yahudi. Dan sangat merendahkan orang Romawi yang menjajah mereka.
Ada kemungkinan Simon Orang Zelot menjadi murid Tuhan Yesus dengan harapan, Ia menjadi pemimpin rovolusioner, yang mampu membebaskan Palestina secara revolusi. Tidak ada kegiatan yang begitu menonjol selama menjadi murid Tuhan Yesus. Simon Orang Zelot meninggalkan organisasi politik dan kedudukan politik

Simon Orang Zelot menjadi penginjil di Mesir - Afrika, kemudian di Inggris, kemudian kembali ke Mesir. Setelah penginjilan di Mesir, Simon Orang Zelot bergabung dengan Tadeus di Syria dan Persia. Simon Orang Zelot dan Tadeus, mereka berdua disiksa, dirajam batu, digergaji dan kemudian dibunuh dengan pedang di Persia.

12. Yudas Iskariot
Yudas bentuk kata Yunani, yang diadaptasikan dari bahasa Ibrani, anak dari Simon Iskariot, Yohanes 6: 71, 13: 26- artinya. Kariot, sebuah kota kecil, di Yudea. Iskariot, artinya berasal dari. Jadi Yudas Iskariot adalah Yudas yang berasal dari Kariot. Dalam daftar para murid, Yudas selalu disebutkan atau dicantumkan paling akhir, karena ia mengkhianati Yesus, Matius 10: 4. Yudas mati bunuh diri, setelah ia melihat penderitaan yang dialami Yesus akibat pengkhianatannya.
Setelah menjadi murid Tuhan Yesus, Yudas bertugas sebagai pemegang kas keuangan, Yohanes 12:6, 
13:29Yudas sebenarnya bukanlah seorang pengkhianat, dalam arti bahwa ia berusaha melaksanakan kematian Yesus. Ia sama dengan murid - murid yang lain, mereka menanti nanti didirikannya Kerajaan Messias oleh Tuhan Yesus. Ia semakin tidak sabar, ketika Tuhan Yesus dari hari ke hari menunda pendirian Kerajaan Mesias


78 comments:

Bramantio Parapat said...

Izn share ya...?
messi-mdz.blogspot.com

Menjawab Kristen said...

Mengapa murid-murid Yesus disebut Rasul???

nunuk said...

silahkan mas bro

darwin said...

mengapa murid Tuhan Yesus ada 12 orang knp tidak 11 orang?

komunitas warga kristen said...

Matius 19:28 (TB)
Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Mengapa harus 12 murid...?? memang secara spesifik tidak dijelaskan dalam Alkitab...


Bangsa Yahudi terdiri dari 12 suku yang diberi nama sesuai dengan ke 12 anak yakub, jadi Kalau di rujuk pada alasan bahwa bangsa Israel ada 12 suku...bisa saja itu dijadikan alasan ( tapi sifatnya tafsiran saja )

Kalu di rujuk pada penglihatan di KITAB WAHYU bahwa ada berjumlah 12 pintu gerbang..bisa saja itu dijadikan alasan ( tapi sifatnya tafsiran juga )


Kalu dirujuk pada salah satu bunyi ayat Alkitab di kitab Wahyu..bahwa keduabelas Rasul tsb nantinya mejadi pemimpin setiap suku bangsa Israel pada zaman kesudahan..bisa saja itu dijadikan alasannya ( itu penggenapan..bukan ditafsirkan lagi ).

komunitas warga kristen said...

ke 12 murid yesus disebut rasul ...

"Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul" (Lukas. 6: 1213).

Kata “murid” menunjuk pada “orang yang belajar” atau “pengikut.” Kata “rasul” menunjuk pada “orang yang diutus.” Ketika Yesus ada dalam dunia, kedua belas murid disebut murid-murid. Kedua belas murid mengikuti Yesus Kristus, belajar dari Dia dan dilatih olehNya. Setelah kebangkitan dan kenaikan Yesus, Yesus mengutus para murid (Matius 28:18-20; Kisah Rasul 1:8) untuk menjadi saksi-saksiNya. Mereka kemudian disebut sebagai kedua belas rasul. Sekalipun demikian, ketika Yesus masih hidup dalam dunia, istilah murid dan rasul digunakan secara bergantian.
Rasul Kata Yunani a·po′sto·los berasal dari kata kerja umum a·po·stel′lo, yang artinya ”mengutus”.


Anonymous said...

siapa murid tuhan Yesus yang menyangkal Tuhan Yesus??

Anonymous said...

Simon petrus

Anonymous said...

Yohanes 20:29
“Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.””

Yohanes 14:17
“yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

Cara kerja dunia. Setiap kali ada yg mau ditutupi dari suatu kejadian selalu saksi hidup/ saksi mata dibinasakan terlebih dahulu agar tidak menyebar kepercayaan tersebut. Namun yg terjadi sungguh aneh bin ajaib. Semua krn Allah.

Penjelasan:
1 Petrus 1 krn engkau yg di pilih Nya. Bukan engkau yg memilih Dia. .

Anonymous said...

terimakasih atas informasinya.
kalau bisa lebih dari ini

Unknown said...

terima kasih Tuhan memberkati

Unknown said...

izin, share link difacebook y.

komunitas warga kristen said...

silahkan yang mau share, semoga menjadi berkat bagi yang membacanya. Tuhan Yesus Memberkati

andriani said...

Informasinya sangat bagus. Setiap orang kristen harus memikul salib-Nya masing-masing. Percayalah Tuhan selalu memberi kekuatan kepada kita

Anonymous said...

Sippp

Anonymous said...

secara tidak langsung ulasan tentang yudas mengarah pada "sekenario atau tugas judas sebenarnya memang seperti itu "menghianati" Yesus, atau sebagai jalan agar kematian Yesus dapat terlaksana, bukan begitu ya?

komunitas warga kristen said...

Siapakah Judas sebenarnya? Nama asli keluarga Iskariot tidak pasti. Menurut sebuah teori, nama tersebut berarti orang dari Kereoth sebuah kota tua di daerah Judea. Jika hal ini benar maka Judas berasal dari Palestina Selatan, sedangakan murid yang lain dari Galilea,- Palestina Bagian Utara. Menurut teori yang lain lagi, nama Iskariot berasal dari kata latin “sicarius” artinya pembuat pedang. Orang sicari adalah pembunuh pemberontak yang menolak bangsa Roma yang saat itu sedang menjajah mereka. Jadi, Judas kemungkinan adalah anggota dari kelompok ini (napi yang dibebaskan – Barnabas juga kemungkinan berasal dari kelompok yang sama)
Judas berharap, bahwa jesus akan membebaskan mereka dari penindasan bangsa romawi.
Disisi lain, bahwa orang yang akan menyerahkan Jesus sendiri telah dinubuatkan beribu -ribu tahun sebelumnya, dan Jesus pun sudah mengetauinya, seperti yang dikatakanNya didalam Matius 26:24 Yesus berkata: “Terkutuklah manusia yang menghianati anak manusia, akan lebih baik kalau dia tidak pernah dilahirkan”

david s said...

siippp

ONNELLLLLLL CUCOK WKWKWKWKWK said...

yudas adalah orang atau rasul yg tlh menghianati tuhan yesus , TLAH MENJUAL TUHAN YESUS DEMI MENDAPATKAN UANG

BENARKAN?

NIKOOOOO CUCOK CKCKCKCKCKC said...

WKWKWKWKWKKWKWKWKW
HAHAHAHAHAHHAHAHAHA
HEHEHEHEHEHEHEHHEHE
HIHIHIHIHIHIHIHIHIHIHIHIHIHIH

Anonymous said...

Sesat sudah ini ajaran

Unknown said...

Terimakasih atas artikelnya :)

Aku Gereja said...

Gan mau tanya. Mengapa Tuhan memilih Yudas sebagai muridnya?

Anonymous said...

Tanggapan Thomas ttg "my lord ,my God " diragukan sarjana kristen

http://www.sarapanpagi.org/tanggapan-yohanes-20-28-tidak-membuktikan-yesus-tuhan-vt1729.html

Vino said...

Yohanes 20:17
Yesus berkata :
" Aku Diutus oleh Tuhanku & Tuhanmu "

Saudara2iku, pelajari dg seksama agama yg anda peluk sebelum anda memilihnya, Yesus Kristus adalah pribadi yg suci & mulia tetapi beliau bukan Tuhan,jng bantah pembenaran Alkitab tersebut, ,renungkan

Anonymous said...

wah lengkap bgt nieh

komunitas warga kristen said...

Sdr Vino, baca penjelasan di artikel " Tudingan Islam terhadap Kristen" di web ini, mudah2 anda dicerahkan.

Anonymous said...

Kalau Matias riwayatnya kok gak ada?

Anonymous said...

Turut berpartisipasi memberitakan kasihNya.
ayat-emas.blogspot.com
JBU

komunitas warga kristen said...

Nama Matias tidak ada dalam Injil. Namanya baru disebutkan pada Kisah Para Rasul. Menurut Kitab Suci, Matias telah mengikuti perjalanan dua belas murid Yesus. Sebagai rasul, Matias memang bukan yang utama karena ia tidak dipilih langsung oleh Yesus. Ia dipilih oleh murid-murid Yesus untuk menggantikan Yudas Iskariot yang telah meninggal dengan cara gantung diri.
Setelah kenaikan Yesus ke surga, para pengikut Yesus dan kesebelas rasul bersama Bunda Maria kembali ke Yerusalem untuk menantikan kedatangan Roh Kudus yang dijanjikan Yesus. Pada saat itu, Petrus mengusulkan rasul lain sebagai pengganti Yudas Iskariot.

Dalam pidatonya di hadapan sekitar 120 pengikut Kristus, Petrus sebagai pemimpin para rasul menjelaskan persyaratan yang harus dimiliki sang pengganti Yudas Iskariot. ”Jadi, harus ditambahkan kepada kami, seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami. Yaitu, mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke surga meninggalkan kami untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya,” katanya.

Menanggapi hal ini, para pengikut Yesus dan para murid mengusulkan dua nama, yaitu Yusuf yang disebut Barsabas dan Matias. Setelah dua nama tersebut diajukan, mereka pun berdoa dan membuang undi. Akhirnya, terpilihlah Matias sebagai rasul. Sejak itu, Matias menjadi penggenap bilangan kedua belas rasul.

Pidato Petrus cukup menjelaskan bahwa Matias bukanlah orang yang asing. Matias telah hadir saat pembaptisan Yohanes hingga Yesus terangkat ke surga. Matias adalah seorang pengikut Kristus yang setia, sebagaimana Yesus mengatakan bahwa para murid-Nya adalah sahabat-sahabat-Nya, tak terkecuali Matias pun termasuk di antaranya. Bersama dengan para rasul lainnya, ia menerima karunia Roh Kudus pada hari Pentakosta. Matias mengemban tugas menyebarkan Kabar Gembira ke penjuru dunia.
menurut sejarawan Romawi, Nicephorus, Matias pertama kali berkhotbah di daerah Yudea. Kemudian, ia berkarya di Kapadokia dan di daerah yang berbatasan dengan Laut Kaspia. Tradisi kristiani mengisahkan, ia menjadi martir di Ethiopia. Waktu itu, Matias pergi memberitakan Injil untuk orang barbar dan kanibal di pedalaman Ethiopia, di pelabuhan Laut Hyssus, mulut Sungai Phasis. Ia wafat di Sebastopolis karena tertimpa reruntuhan candi, lalu disalibkan.

Menurut catatan Eusibius, seorang sejarawan Romawi lainnya, Matias wafat setelah dirajam dan dipenggal kepalanya. Tahun kematiannya tidak diketahui pasti, kemungkinan sekitar tahun 80. Setelah kematiannya, Santa Helena menemukan jenazah Matias dan membawa relikwinya ke Roma. Hingga saat ini, makamnya diyakini terletak di Trier, Jerman.

Anonymous said...

paulus mana paulus?

komunitas warga kristen said...

Memang Paulus tidak termasuk dalam bilangan keduabelas Rasul yang menjadi saksi bagi karya pelayanan Kristus sejak Kristus memulainya di zaman Yohanes Pembaptis. Namun demikian, Rasul Paulus telah melihat Kristus yang telah bangkit dan bahkan dalam terang kemuliaan-Nya (yang sampai membuatnya buta). Terang kemuliaan ini malah tidak ada dalam penampakan-penampakan Kristus kepada keduabelas Rasul-Nya itu. Maka panggilan kepada Rasul Paulus bersifat profetis,
kekhususan Rasul Paulus di sini adalah, karena Yesus sendiri mengatakan perintah ini yang ditujukan secara khusus kepadanya, “Pergilah, sebab Aku akan mengutus engkau jauh dari sini kepada bangsa-bangsa lain.” (Kis 22:21)
Tuhan menetapkannya menjadi rasul bagi bangsa-bangsa lain (lih. Rom 1:14; 15:16; Ef 3:8-9; 1 Tim 2:7; 2 Tim 1:11), sehingga bersama para rasul lainnya, ia adalah sesama pelayan/ duta bagi Tuhan yang telah diberi kuasa oleh-Nya (lih. 1 Kor 3:5-11,4:1; 2Kor 5:18-20;6:1-2;13:10, Kol 1:25)

Anonymous said...

Apakah keduabelas murid Tuhan Yesus adl seorang penginjil??

komunitas warga kristen said...

Pengertian Penginjilan Kata Yunani untuk penginjil ialah “evangelis” atau “euangelistes” yang artinya: “Seorang pembawa berita sukacita dalam hal ini berita Injil. Sedangkan kata Yunani untuk Injil ialah “euangelion” yang artinya kabar/berita yang memberi sukacita, yang isinya adalah Allah menawarkan keselamatan kekal kepada manusia yang percaya kepada pengorbanan Yesus di kayu salib, seperti yang dikemukakan oleh Paulus dalam 1 Korintus 15:3-4 dan oleh Yesus sendiri dalam Yohanes 3:16. B. Tugas penginjilan diberikan oleh Tuhan Yesus setelah kebangkitan dari antara orang dan pra-kenaikan-Nya ke sorga. Tugas ini dikenal dengan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus – Matius 28:18-20; Markus 16:15-18; Lukas 24:46-48; Efesus 4:11-12; 1 Petrus 3:15.

Unknown said...

Sangat bermanfaat.....tq...

Unknown said...

Lu urus agama lu sndiri, cari pembenaran agamamu sendiri, blm tentu agamamu benar,.. Wkwkwkwk

Unknown said...

Om, baca dlu alkitab ya baru nanya klo ga ngerti ok!! Jgn jg baca sepenggal sepenggal ya om.. Trus klo baca alkitab, jgn lp berdoa dlu biar diberi hikmat dan pencerahan akan isi alkitab.. TYB

Unknown said...

Om, baca dlu alkitab ya baru nanya klo ga ngerti ok!! Jgn jg baca sepenggal sepenggal ya om.. Trus klo baca alkitab, jgn lp berdoa dlu biar diberi hikmat dan pencerahan akan isi alkitab.. TYB

Purbo said...

terima kasih atas infonya. God Bless you

Unknown said...

tks gan artikelnya. . .lengkap sekali. . .

Anonymous said...

Kepada saudara yg beragama non Kristen,ga salah anda membaca di setiap artikel Kristen krn pasti anda sdg meragukan keyakinan anda sendiri makanya anda mencari di google tentang agama org lain. Cuma anda sering melontarkan komentar tentang tidak setujunya anda dgn keyakinan kami bahwa Yesus itu Tuhan. Yg sebenarnya anda sendiri yg tdk yakin kalau agama atau keyakinan anda anut. Coba pelajari agama anda sendiri kalau sudah yakin dg agama anda maka anda tdk akan menghujat agama Kristen. Toh di Islam sendiri juga yg akan menghakimi org2 pd hari kiamat adalah Isa Almasih yaitu Yesus Kristus.

decamerakosongbajingan.blogspot.com said...

Yesus doa ke allah.dia tidak pernah minta di sembah. Yesus bukan tuhan. Yang bilang dia Tuhan itu paulus.jadi kalian semua itu pengikut paulus. Yesus tidak pernah bilang dia agama kristen,kalo nga percaya silahkan baca injilmu. Bertobatlah manusia.kalian itu sudah di tipu oleh paulus. Kalian mau pergi ke neraka bareng Paulus?

Anonymous said...

Banyak bukti yang dahulu menunjukkan bahwa Paulus seorang penganut agama rahasia sekarang dianggap palsu. Umpamanya, gelar "Tuhan" yang dipakai untuk Yesus, sekarang ternyata diambil bukan dari agama- agama rahasia melainkan dari Perjanjian Lama. Pengakuan iman Kristen "semoga Tuhan kita datang" (yang ditulis dalam bentuk Aram, Maranata; 1Korintus 16:23) menunjukkan bahwa jemaat mula-mula di Yerusalem -- satu-satunya jemaat yang berbahasa Aram -- rupanya telah memberikan gelar itu kepada Yesus jauh sebelum munculnya Paulus, Sumber: Sabda Biblika

Unknown said...

pantek


Unknown said...

apakah murid yesus telah diganti

Galih Eling Jatipati said...

anda bener2 dibodohi sama paulus:
faktanya:
1. Yesus tidak pernah mengatakan bahwa dirinya adalah tuhan... bahkan 12 murid pertama yesus juga tidak mengatakan demikian.. justru pauluslah yang menyebarkan ajaran bahwa yesus adalah tuhan
2. Yesus sama sekali tidak kenal paulus
3. Apakah perjuampaan paulus dengan yesus di atiokia... benar seperti itu.... atau jangan 2 paulus berbohong sebab ia merasa terjepit dan berdosa sebab selamaini memusuhi murid murid yesus... kemudian ia membuat kisah bohong... sebab Paulus jelas mengakuinya sendiri "Jika karena DUSTAKU, kemuliaan tuhan semakin berlimpah... lalu mengapa aku masih akan dihakimi sebagai pendosa.

komunitas warga kristen said...

PENGKUAN YESUS DIA lah TUHAN :

1) “Akulah Aku” adalah nama yang Allah berikan untuk diri-Nya di Taurat (Taurat Musa, Keluaran 3:14). Isa Al-Masih juga memakai nama ini untuk diri-Nya sendiri, “Aku telah Ada.” (Injil, Yohanes 8:58)

(2) “Anak Manusia,” adalah sebutan untuk Tuhan yang disembah oleh segala bangsa. (Kitab Nabi, Daniel 7:13-14) Isa Al-Masih membenarkan tuduhan Imam Besar bahwa Ia sendiri adalah “Anak Manusia” itu. (Injil, Matius. 26:62-65)

(3) “Mesias, Anak Allah yang hidup.” Saat Rasul Petrus mengakui-Nya sebagai “Mesias, Anak Allah yang hidup”, Isa Al-Masih memuji dia dengan mengatakan bahwa Allah sudah mengilhamkan pengertian itu kepadanya. (Injil, Matius 16:15-17)

(4) “Ya Tuhanku, ya Allahku.” Saat Rasul Tomas memanggil Isa Al-Masih dengan dua sebutan ini, Isa Al-Masih mengiyakannya. (Injil, Rasul Yohanes 20:28)

komunitas warga kristen said...

NUBUATAN KITAB NABI-NABI BAHWA YESUS ADALAH TUHAN

(1) Nabi Yesaya meramalkan bahwa seorang anak akan dilahirkan dan akan diberi nama: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang kekal, Raja Damai. Nubuat ini terdapat dalam Kitab Nabi-Nabi, Yesaya 9:5-6

(2) Nabi Mikha meramalkan bahwa akan datang dari kota Betlehem seorang yang akan memerintah. Permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. Artinya Raja yang akan datang kekal adanya. Nubuat ini mengenai kedatangan Isa Al-Masih dan memuat kenyataan bahwa Isa Al-Masih, seperti Allah, kekal adanya. (Kitab Nabi-nabi, Mikha 5:1)

komunitas warga kristen said...

ini juga mmenjelaskan siapa Yesus :
(1) Firman (Kalam, Kalimat) adalah Allah. Jelas dalam ayat ini bahwa “Kalimat Allah” tidak berbeda dari Allah. (Injil, Yohanes 1:1)

(2) Isa Al-Masih mengatakan bahwa ia adalah “kebenaran, hidup, jalan.” Ia tidak mengatakan “mempunyai” kebenaran (walaupun itu betul). Tapi, Dia “adalah” kebenaran. Kebenaran jelas kekal adanya, tanpa permulaan. Kalau demikian Isa Al-Masih tidak mempunyai permulaan. (Injil, Yohanes 14:6)

(3) Ia dipanggil Tuhan berulang kali dalam Injil, seperti dalam Surat Filipi 1:2, Surat Kolose 1:15-19)

komunitas warga kristen said...

kita lihat penjelasan dari Alquran :

(1) Isa Al-Masih adalah “seorang anak laki-laki yang suci.” (Qs 19:19). Pernyataan ini didukung dalam Injil (Kisah Para Rasul 4:30). Jika kita menyelidiki Al-Quran maupun Alkitab, kita akan melihat bahwa semua nabi lain pernah berdosa. Isa Al-Masih adalah satu-satunya nabi yang tidak pernah berdosa. Dan HANYA Allah yang tidak berdosa!! Kesimpulannya: Isa Al-Masih adalah Tuhan karena Ia juga tidak pernah berdosa.

(2) Isa Al-Masih diberi gelar “Kalimat Allah.” (Qs 3:35, 39; Injil, Rasul Yohanes 1:1) Jelas “Kalimat Allah” tidak mempunyai permulaan. Jika ada permulaan, maka ada masa dimana Allah tidak berkalimat. Itu mustahil!! Karena Isa Al-Masih adalah “Kalimat Allah” maka Ia juga Allah.

(3) Isa Al-Masih adalah “terkemuka di dunia dan di akhirat.” (Qs 3:5; Injil, Surat Filipi 2:9-11). Di sini kita melihat bahwa Ia lebih dari semua nabi yang pernah hidup. Juga, Dia lebih dari semua malaikat. Walaupun hal ini tidak membuktikan bahwa Isa Al-Masih adalah Tuhan, tapi jelas memberi Dia kedudukan di atas semua mahluk di dunia dan di sorga.

(4) Isa Al-Masih merupakan “Tiupan Roh dari Allah.” (Qs 4:171; Injil, Surat Filipi 1:19). Kita tahu bahwa Roh Allah kekal adanya. Jika Isa Al-Masih adalah tiupan dari Roh Allah, Ia juga kekal adanya. Maka: Isa Al-Masih adalah juga Tuhan.

(5) Isa Al-Masih disebut “rahmat dari Kami [Allah].” (Qs 19:21; Injil, Lukas 2:34; Injil, Surat Ibrani 2:17; Injil, Surat Titus 3:5). Jelas hanya Allah yang mempunyai rahmat. Jika Isa Al-Masih disebut ‘rahmat’ berarti Dia juga Tuhan.

Karmin said...

Barnabas itu muridnya apa bkn?

Unknown said...

Itulah perbedaan mendasar yesus dan yang lainnya. Jika Yesus menyembunyikan identitasnya dan orang lain yang mengakui dan menyatakannya, sementara yang lain menyatakan diri sendiri dan mengharuskan orang tuk mengakuinya.

Unknown said...

Itulah perbedaan mendasar yesus dan yang lainnya. Jika Yesus menyembunyikan identitasnya dan orang lain yang mengakui dan menyatakannya, sementara yang lain menyatakan diri sendiri dan mengharuskan orang tuk mengakuinya.

Unknown said...

Klo 11 orng nanti lu tanya lgi knp hrus 11 orng, knp ndak 10? Klo 10 orng, lu tanya lgi knp hrus 10 knp ndak 9?.. Kek gitu aja terus sampai habis wkwkwkwk

komunitas warga kristen said...

Alkitab mencatat satu saja nama Barnabas, yaitu sebagai rekan sekerja rasul Paulus. Sedangkan dari antara murid-murid YESUS tidak ada yang bernama Barnabas

Anonymous said...

Matius 26 : 24 apakah pengertiannya bs menjadi secara umum.?
Mohon pencerahannya.
GBU.

komunitas warga kristen said...

pengertian dalam Matius 26:24,
Walaupun Yesus tahu dari awal, bahwa Yudas akan mengkhianatinya, Ia tetap memilihnya sebagai murid. Bahkan Yudas telah ditentukan dari awal untuk menjadi penggenapan, seperti yang tercantum di Yohanes 17:12. Dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Alkitab. ( * Yohanes 17:12
LAI TB , Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam namaMu, yaitu namaMu yang telah Engkau berikan kepadaKu; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kita Suci.
LAI TL, Selagi Aku bersama-sama dengan mereka itu, Aku ini memeliharakan mereka itu atas nama-Mu yang Engkau karuniakan kepada-Ku, dan Aku sudah menjagai mereka itu, dan seorang pun tiada daripada mereka itu yang hilang kecuali anak kebinasaan itu, supaya isi Alkitab itu sampai.

KJV, While I was with them in the world, I kept them in thy name: those that thou gavest me I have kept, and none of them is lost, but the son of perdition; that the scripture might be fulfilled )

Anonymous said...

Matius 26 : 24 apakah pengertiannya bs menjadi secara umum.?
Mohon pencerahannya.
GBU.

Andriyanto.fransoki said...

rivel nerazzurri:artinya seperti ini bahwa ALLAH telah memberikan nubuat pada nabi-nabi seprti Abraham,musa,dll,tentang kematian MESSIAS dan Hari kebangkingtan-Nya.tapi Tuhan mengutuk orang dari tangannya/perbuatannya yg membuat Messias mati dan menderita

Anonymous said...

Salam sejahtra bagi teman-teman di mana saja berada.jikalau saudara seiman memiliki buku-buku rohani, majalah2, atau pun renungan harian yang tidak terpakai lagi tapi masi layak dibaca mungkin bisa di kirim ke alamat saya untuk taman bacaan kami dan menjadi berkat bagi kami ataupun bantuan lain silakan kirim ke: surya Nata.
alamat. jaln sei besitang No.8, tanah seribu.Bijai-selatan. Sumtra-Utara. Indonesia.20726>tuhan memberkati

forkatapencapil said...

Siapakah oknum yang memiliki kuasa disurga? TUHAN,,,
Siapakah oknum yang maha hadir? TUHAN,,,,
KATA YESUS KEPADA KU TELAH DIBERIKAN SEGALA KUASA DISORGA DAN DIBUMI,,,dan
AKu menyertai kamu senantiasa sampai pada akhir zaman... Berarti Yesus adalah Tuhan...

Anonymous said...

Izin buat tugas

Quiet is gold.. said...

Amsal 8

Quiet is gold.. said...

Yohanes 13:13-15 (TB)
13, Kamu menyebut Aku ~ Guru dan Tuhan ~, dan katamu itu tepat, sebab memang ~ Akulah Guru dan Tuhan ~
14, Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, ~ Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu ~, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu;
15, sebab ~Aku~ telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah ~Ku~perbuat kepadamu..

Yohanes 8:42-47 (TB)
42, Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi ~Aku~, sebab ~Aku~ keluar dan datang dari Allah. Dan ~Aku~ datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus ~Aku~.
43, ~Apakah sebabnya kamu tdk mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tdk dpt menangkap firman-Ku~.
44, Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.
45, Tetapi karena ~Aku~ mengatakan kebenaran kepadamu, kamu tidak percaya kepada-Ku.
46, Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa ~Aku~ berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku?
47, Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan firman Allah; itulah sebabnya kamu tidak mendengarkannya, karena kamu tidak berasal dari ~Allah~."

Unknown said...

Apakah ke 12 rasul inilah yang membawa kristian Katolik pada ketika itu?

Unknown said...

Terima kasih atas informnya, Tuhan Yesus Memberkati

Unknown said...

Terima kasih atas informnya, Tuhan Yesus Memberkati

Unknown said...

Pernah baca tp tidak ingat sumbernya, ini berkaitan dg 12 suku Israel.

Kelvin Sebastin [MNI] said...

kenapa 12 murid Yesus disebut rasul karena rasul merupakan gambaran murid yang memulai ministry bersama Yesus selama 3 tahun.. jd mreka bersama2 Yesus.. knp murid lain tidak disebut rasul.. karna tidak langsung bersama Yesus menjalankan ministrynya

Patricia Evelyn said...

Karena Istrael memiliki 12 suku bangsa...

Anonymous said...

Ada hubunganya ya

Jimmy Handyman said...

Setiap orang yang yakin bahwa keselamatan hanya tersedia melalui Tuhan Yesus :
1. Hidup benar
2. Menjadi pelaku Firman Tuhan
3. Memikul salibnya dan mengutamakan Tuhan Yesus dari segalanya
Puji Tuhan
Haleluya
Amin

Unknown said...

Kenapa Barnabas tidak disebutkan?

Unknown said...

Barnabas itu adalah rekan dari paulus mereka berdua bkerja setelah ke 12 rasul

Unknown said...

Aku bersykur menemukan bacaan ini di tahun 2021.. 🙏

Anonymous said...

NGIKLAN JANGAN DISINI!

Anonymous said...

Apakah semua murid Yesus adalah orang orang Galiea?

Anonymous said...

Para orang suci yang dimuliakan dalam bait Allah dan akhirat

Berlangganan

FeedLangganan Artikel by Email ?

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Matius 11:28-30

TA'ALAU ILAYYA ya jami'al-mut'abina wats-tsaqilil-ahmal, wa Ana urihukum. Ihmilu niri 'alaikum wa ta'allamu minni, li-anni wadi'un wa mutawadhi'ul-qalb, fa-tajidu rahatan li-nufusikum. Li-anna niri hayyinun wa himli khafif ” (Matius 11:28-30) COME TO ME, all you who are weary and burdened, and I will give you rest. Take my yoke upon you and learn from me, for I am gentle and humble in heart, and you will find rest for your souls. For my yoke is easy and my burden is light).” (Matius 11:28-30) MARILAH KEPADA-KU, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan..” (Matius 11:28-30) Dào wǒ zhèlǐ lái, nǐ shuí shì láokǔ dān zhòngdàn de, wǒ jiù shǐ nǐmen dé ānxí. Jiù ná wǒ de è, nǐ xué wǒ, yīnwèi wǒ shì wēnróu qiānbēi de xīnzàng hé línghún huì fāxiàn xiūxí. Yīnwèi wǒ de è shì róngyì de, wǒ de dànzi shì qīng. Komt tot Mij, allen die vermoeid en belast zijt, en Ik zal u rust geven. Neem mijn juk op u en leert van Mij, want Ik ben zachtmoedig en nederig van hart en ziel rust vinden. Voor mijn juk is zacht en mijn last is licht. Matteüs 11: 28-30 He, para wong kang kesayahan lan kamomotan, padha mrenea, Aku bakal gawe ayemmu. Pasanganku padha tampanana ing pundhakmu lan padha nggegurua marang Aku, awit Aku iki alus lan lembah manah, satemah kowe bakal padha oleh ayeming nyawamu, Amargo pasanganKu iku kepenak lan momotanku iku entheng. Subete wa anata ga tsukareta to futan-shadeari, watashi wa anata ga yasuma sete ageyou, watashi ni kimasu. Anata ni watashi no ku-biki o toru to, watashi wa nokori no bubun o mitsukeru no kokoro to tamashī ni yasashiku, kenkyona omoi no tame ni, watashi kara manabimasu. Watashi no ku-biki wa oi yasuku, watashi no ni wa karuikaradesu. Hãy đến với tôi, tất cả các bạn những kẻ mệt mỏi và gánh nặng, Ta sẽ cho các ngươi được yên nghỉ. Hãy mang lấy ách của ta và học hỏi từ tôi, vì tôi hiền lành và khiêm nhường trong lòng và tâm hồn sẽ được nghỉ ngơi. Vì ách ta dễ chịu và gánh ta nhẹ nhàng.